Jumat, 23 Maret 2018

NU dan Muhammadiyah Tak Sepakat 'Indonesia Bubar 2030'



Jakarta, CNN Indonesia -- Dua petinggi organisasi masyarakat (ormas) Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah sepakat optimistis 
Indonesia akan berumur panjang, dan tak akan bubar 2030 nanti.

"Kita harus optimis Indonesia tetap utuh sampai kapan pun. Karena bangsa ini bangsa yang bertaqwa dan beriman," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir saat bersilaturahmi dengan pengurus PB NU di Gedung NU, Jakarta Pusat, Jumat (23/3).

Salah satu dasar pendapat Haedar itu karena bangsa Indonesia adalah kesatuan yang memiliki kepercayaan kuat, termasuk kepada Tuhan dan dasar negara yakni Pancasila. Atas dasar itu dia meminta agar tak ada pihak-pihak yang mencoba mengesampingkan keutuhan Indonesia.



Di tempat sama, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj pun mengutarakan hal senada. Iman dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa disebutnya menjadi penjaga bagi keutuhan bangsa Indonesia. 

"Enggak (bubar). Karena kita ini bangsa yang beriman bangsa bertaqwa. Kata Al Quran jika itu dijaga kita akan tetap ada. Akan tetap dijaga oleh Allah," ujar Said.

Sementara itu, Haedar sendiri tak menampik dalam perjalanannya menjaga keutuhan bangsa ini, Indonesia selalu mendapatkan rintangan dalam bernegara. Namun, ia berpesan agar itu tak menjadi alasan bagi para generasi penerus untuk memecah kesatuan Indonesia.

"Generasi baru tidak boleh menyerah terhadap keadaan. Maka kita akan tetap optimisme Indonesia Insya Allah bertahan panjang," kata Haedar.


Soal 'Indonesia Bubar 2030' ramai menjadi polemik akibat pidato Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang disiarkan akun Facebook partai peserta pemilu 2019 tersebut. Dalam pidatonya, Prabowo yang menenteng buku berjudul Ghost Fleet: Novel of the Next World Warmenyinggung soal Indonesia bisa bubar pada 2030.

Kemarin, Prabowo mengakui ia berpidato seperti itu setelah membaca novel fiksi tersebut yang di dalamnya disebutkan soal bekas negara Indonesia.

"Karena banyak yang iri sama kita banyak yang tidak punya sumber daya alam jadi mereka inginya menjadi kaya dari kita," kata Prabowo menyoal ancaman-ancaman yang bisa membuat Indonesia bubar 2030, beberapa waktu lalu.




Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180323181841-32-285458/nu-dan-muhammadiyah-tak-sepakat-indonesia-bubar-2030

Tidak ada komentar:

Posting Komentar