Kamis, 19 April 2018

Fokus Infrastruktur Bisa Bikin Ekonomi RI Terbang Tinggi


Sepanjang 2017, pertumbuhan ekonomi RI masih mengalami stagnasi di kisaran lima persen. Pertumbuhan ini meleset dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017 yang sebesar 5,2 persen.
Terkait hal ini, ekonom Mandiri Sekuritas Aldian Taloputra membeberkan upaya-upaya yang dapat dilakukan pemerintah agar dapat mengejar target pertumbuhan ekonomi.
Menurutnya, hal yang pertama harus dilakukan pemerintah adalah tetap konsisten dalam mendorong perbaikan infrastruktur, dengan tujuan agar biaya logistik dapat cepat turun dan harga produk dapat bersaing.
"Karena tujuannya untuk membuat biaya logistik turun, sehingga produk kita harganya bisa lebih bersaing," ujarnya melalui sambungan telepon kepada VIVA, Jumat, 9 Februari 2018.
Upaya selanjutnya yang dapat dilakukan pemerintah, menurutnya, adalah adanya kebijakan strategis yang mendorong swasta untuk giat berinvestasi.
"Karena kalau hanya membiarkan semuanya itu dilakukan oleh pemerintah kayaknya enggak akan cukup pendanaannya. Jadi partisipasi swasta harus tetap didorong, sehingga iklim investasi bisa diperbaiki," ungkapnya.
Selanjutnya, upaya terakhir yang dapat dilakukan pemerintah, dia menjelaskan, adalah terus meningkatkan konsumsi swasta atau konsumsi rumah tangga dengan cara memperbesar alokasi dana sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), demi mendongkrak daya beli masyarakat.
"Mungkin upaya pemerintah sudah benar, belanja sosial untuk tahun ini kan diperbesar, jadi ini sebenarnya untuk menjaga daya beli masyarakat khususnya yang menengah bawah," ujarnya.

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1005404-fokus-infrastruktur-bisa-bikin-ekonomi-ri-terbang-tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar