Selasa, 24 Juli 2018

Pemerintah Jokowi Prioritaskan Alirkan Listrik untuk 2.519 Desa di Indonesia Timur


Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan listrik merata di seluruh Indonesia. Untuk itu, wilayah yang menjadi prioritas adalah 2.519 desa di Indonesia Timur.

Mantan Menteri Sudirman Said mengatakan, dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2016 salah satu program kementerian ESDM adalah mengaliri listrik kepada 2.519 desa. “Ada beberapa program yang ditunggu masyarakat. Saya akan mengawalinya dengan program listrik desa,” kata Sudirman.
Sudirman mengungkapkan, program listrik desa tersebut akan dilaksanakan secara bertahap, dengan sasaran wilayah Indonesia bagian timur yaitu provinsi Papua dan provinsi Maluku, yang selama ini masih belum menikmati listrik. Kontrak pertama akan dilakukan di dua wilayah yaitu di Papua dan Ambon,” tutur Sudirman.
Ia menambahkan, saat ini Kementerian ESDM sedang fokus membangun Indonesia Timur agar terjadi pemerataan pembangunan. Selain program listrik, Kementerian ESDM juga membangun sarana pengairan dengam membor 200 sumur, sehingga masyarakat wilayah Indonesia Timur tidak kesulitan mendapat air bersih.
“Memang jadi arah Kementerian ESDM karena wilayah timur merupakan daerah tertinggal yang harus kita beri perhatian lebih. Kami juga akan bangun 200 sumur bor air,” pungkasnya.
KementerianESDM memperoleh alokasi anggaran 2016,sebesar Rp 8,563 triliun, anggaran tersebut 50,5 persenya atau Rp 4,326 triliun akan dibelanjakan untuk barang. Sebanyak 30,9 persen atau Rp 2,646 triliun belanja modal, Rp 834,5 miliar atau 9,7 persen untuk belanja pegawai dan Rp 756,7 miliar atau 8,8 persen untuk cadangan.
Sebelumnya, Kementerian ESDM juga mencatat bahwa sampai 2015 terdapat 54.352 rumah tangga yang mendapat listrik dari Energi Baru Terbarukan (EBT). Sudirman mengatakan, sampai akhir 2015, kapasitas listrik terpasang yang berasal dari pembangkit berbasis EBT mencapai 8.602 Mega Watt (MW).
Sudirman melanjutkan, untuk mendorong pengembangan listrik yang bersumber dari energi panas bumi (ge‎othermal), pada 2015 pihaknya telah melelang lima wilayah kerja panas bumi.




Sumber : http://stopfitnah.com/pemerintah-jokowi-prioritaskan-alirkan-listrik-untuk-2-519-desa-di-indonesia-timur/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar