Senin, 23 Juli 2018

Program Energi Berkeadilan dari Pemerintah untuk Rakyat Indonesia

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memprioritaskan penyaluran listrik di wilayah Indonesia Timur. Untuk tahun ini, ada 2.519 desa yang akan mendapat aliran listrik.

Kementrian ESDM dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2016 salah satu programnya mengaliri listrik kepada 2.519 desa. “Ada beberapa program yang ditunggu masyarakat. Saya akan mengawalinya dengan program listrik desa,”ucap Menteri ESDM beberapa waktu lalu.

Menteri ESDM Sudirman beberapa waktu lalu mengungkapkan, program listrik desa tersebut akan dilaksanakan secara bertahap, dengan sasaran wilayah Indonesia bagian timur yaitu provinsi Papua dan provinsi Maluku, yang selama ini masih belum menikmati listrik. Kontrak pertama akan dilakukan di dua wilayah yaitu di Papua dan Ambon,” tutur Sudirman.

Ia menambahkan, saat ini Kementerian ESDM sedang fokus membangun Indonesia Timur agar terjadi pemerataan pembangunan. Selain program listrik, Kementerian ESDM juga membangun sarana pengairan dengam membor 200 sumur, sehingga masyarakat wilayah Indonesia Timur tidak kesulitan mendapat air bersih.

Untuk itu peningkatan pasokan listrik bagi masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Hal ini adalah salah satu bentuk realisasi program energi berkeadilan.



Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar