Jumat, 28 September 2018

Tsunami Palu, Kemensos Siapkan Bantuan Bahan Pokok Hingga "Trauma Healing"


 Jakarta - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menuturkan bahwa pihaknya telah menyiapkan bantuan terkait penanganan pasca-bencana gempa bumi bermagnitudo 7,4 yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9/2018). Bantuan yang telah disiapkan oleh Kementerian Sosial berupa kebutuhan pokok seperti tenda dapur umum, selimut dan sembako.

Selain itu Kementerian Sosial juga akan mengirimkan ratusan relawan Tagana yang berasal dari sekitar daerah Sulawesi Tengah seperti Gorontalo dan Makassar. Menurut Agus, bantuan berupa kebutuhan pokok seperti tenda dapur umum, selimut dan sembako akan segera dikirimkan pada Sabtu (29/9/2018) pagi melalui Lanud Halim Perdana Kusuma dengan bantuan pesawat milik TNI AU.

"Kami menyiapkan dalam waktu dekat 3.000 paket sembako yang bukan beras, karena kebijakan beras ada yang (kementerian) lain lagi. Kami juga menyiapkan sekitar 100-an relawan Tagana yang ada dari daerah-daerah penyangga di sekitar Sulawesi Tengah," ujar Agus seusai rapat koordinasi penanganan bencana di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Sabtu (29/9/2018) dini hari.

Kementerian Sosial juga menyiapkan 6 unit mobil dapur lapangan. Satu unit mobil dapat memasak sekitar 2000 nasi bungkus dalam sehari. Tenaga-tenaga pendamping untuk trauma healing pun disiapkan untuk menangani korban bencana gempa bumi. Mereka, kata Agus, sudah disiapkan untuk membantu pemulihan kondisi psikologis masyarakat yang terdampak gempa bumi.

"Kami sudah siapkan pendamping layanan dukungan psikososial. Itu juga akan segera kami terjunkan ke lapangan agar pemulihan psikologi korban bisa segera mungkin cepat pulih," kata Agus.

https://nasional.kompas.com/read/2018/09/29/05423031/tsunami-palu-kemensos-siapkan-bantuan-bahan-pokok-hingga-trauma-healing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar