Minggu, 18 November 2018

Satu Lagi Bendungan Jokowi Rampung, Begini Wujudnya


Jawa Tengah - Pembangunan Bendungan Logung di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah, telah rampung dan siap diisi air pada akhir November 2018. Begini wujudnya.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan bendungan akan meningkatkan pasokan air terutama untuk pertanian. Dengan pasokan air yang meningkat petani bisa melakukan 2-3 kali tanam. Istimewa/PUPR.
"Saat ini dari 7,3 juta hektar lahan irigasi, hanya sekitar 11% yang mendapatkan pasokan air dari bendungan. Nantinya setelah 65 bendungan rampung, daerah irigasi yang akan dipasok airnya dari bendungan akan bertambah menjadi 19-20%,” kata Basuki. Istimewa/PUPR.
Bendungan Logung memiliki daya tampung sekitar 20,15 juta meter kubik dan dapat menambah luasan sawah yang diairi dari semula 2.200 Ha menjadi 5.355 Ha. Istimewa/PUPR.
Basuki menambahkan, program pembangunan bendungan diikuti oleh program irigasi premium yakni irigasi yang mendapat suplai air dari bendungan. "Saat ini pun tengah berjalan secara paralel pembangunan irigasi di hilir waduk Logung, sehingga pada saatnya nanti dapat langsung mengairi sawah-sawah di Kabupaten Kudus," terang Basuki. Istimewa/PUPR.

Sumber : https://finance.detik.com/foto-bisnis/d-4307419/satu-lagi-bendungan-jokowi-rampung-begini-wujudnya/1#detailfoto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar