Senin, 12 November 2018

Uji Ketangguhan, Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Keliling Indonesia


JAKARTA - Baru saja diperkenalkan di Jakarta sebagai mobil kebanggaan anak bangsa yang dikembangkan oleh dua perguruan tinggi di Indonesia. Mobil listrik Blits dan Kasuari sebagai model hybrid, akan melakukan uji jalan keliling Indonesia.
Tak tanggung-tanggung mobil dengan model rally dakar ini akan menembuh jarak sekira 15 ribu kilometer menyusuri seluruh wilayah di Indonesia selama 100 hari perjalanan. Sebelumnya dua unit mobil listrik datang ke Jakarta untuk melakukan pengisian daya baterai sekaligus menyelesaikan perjalanannya dari Surabaya.
Dalam perjalanannya keliling Indonesia, mobil listrik ini akan mendapatkan suplai energi listrik melalu SPLU yang telah disediakan oleh PLN. "PLN telah menyediakan SPLU untuk stasiun pengisian tenaga listrik mobil sebagai bentuk dukungan kesiapan menyongsong era kendaraan listrik," ujar Haryanto di Gambir, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.
Blits sendiri dirancang oleh ITS dan Universitas Budi Luhur sebagai mobil listrik yang akan dipersiapkan tampil di ajang rally dakar. Namun sebelumnya pengujian terhadap mobil listrik ini tengah dilakukan.
Meski belum terungkap teknis kemampuan tenaga yang dihasilkan dari motor listrik yang digunakan. Namun kendaraan ini diklaim mampu menempuh jarak sekira 500 kilometer untuk sekali pengisian baterai. Sedangkan kapasitas baterai yang digunakan 100 Kwh dengan motor berkapasitas 50 kilowatt.
 Saat ini Kedua mobil akan melanjutkan perjalanan menuju ke pulau Sumatera dan kemudian dilanjutkan ke pulau Sulawesi, Kalimantan, dan wilayah paling timur Indonesia yakni Papua, Nusa Tenggara, Bali dan finis di Surabaya.
Dalam perjalanan PLN Blits Explore Indonesia, rombongan telah melengkapi kebutuhan komponen untuk dua model. Mengingat saat masuk Yogyakarta menuju Jakarta engine transmisi mengalami kerusakan.
Diperkirakan pengujian mobil listrik ini akan kembali ke Surabaya pada Januari tahun depan.
Sumber : https://news.okezone.com/read/2018/11/13/15/1977121/uji-ketangguhan-mobil-listrik-karya-anak-bangsa-keliling-indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar