Kamis, 08 November 2018

Wiranto Dorong Kerjasama Antarnegara Potong Aliran Dana Teroris


JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, aksi terorisme tak akan berjalan bila aliran dananya dipotong. Untuk itu, ia tekankan pentingnya kerjasama antarnegara untuk memotong aliran dana ke pelaku terorisme di seluruh dunia
“Kegiatan terorisme pasti membutuhkan dana, tanpa dana terorisme tidak bisa bergerak atau beraksi. Oleh karena itu, sangat penting kita melanjutkan upaya kita untuk bagaimana kita memotong aliran dana yang mengalir kepada pelaku-pelaku terorisme di seluruh dunia," ujar Wiranto dalam siaran persnya, Kamis (8/7/2018).
Apalagi, teknologi penyaluran dana semakin canggih dan menggunakan teknologi maju, maka tentu kebersamaan, saling tukar menukar pengalaman sangat dibutuhkan untuk bagaimana bersama-sama bisa memotong aliran dana terorisme.
Wiranto yang juga menghadiri pertemuan The 4th Annual Counter Terrorism Financing Summit 2018 di Bangkok, Thailand, pada Rabu 7 November 2018 itu menuturkan, inisiatif CTF Summit cukup berhasil, karena setelah empat tahun kerja sama, upaya CTF telah berkembang menjadi mekanisme kerja sama dan kolaborasi yang sangat efektif.
“Ini telah memberikan hasil nyata seperti pengurangan yang signifikan dari serangan teroris di seluruh wilayah kami, khususnya di Asia Tenggara,” tuturnya.
Tema “Regional Synergies for Regional Solutions” dalam pertemuan KTT CTF, menurut Wiranto diharapkan dapat menciptakan pertukaran intelijen yang berkelanjutan. Sehingga lebih efektif terhadap kejahatan transnasional di kawasan dan sekitarnya.
“KTT tahun ini juga diharapkan untuk menekankan pada bagaimana mengatasi kerja sama yang saling menguntungkan antara pemerintah di Asia Tenggara dan Australia dalam memerangi terorisme, termasuk memerangi kejahatan-kejahatan serius lainnya di kawasan seperti korupsi dan perdagangan manusia,” katanya.
Pihaknya sangat berterimakasih kepada Thailand, Australia yang telah melakukan satu inisiatif untuk melakukan satu kerja sama regional bahkan global untuk melakukan satu langkah-langkah bersama.
Baik itu tukar menukar pengalaman bersama dalam rangka meningkatkan mencegah aliran dana ini bisa mengalir kepada pelaku terorisme. KTT CTF juga dihadiri Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton, DPM Thailand Dr Wissanu Krea Ngam, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, serta Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin.

Sumber : https://news.okezone.com/read/2018/11/08/337/1975133/wiranto-dorong-kerjasama-antarnegara-potong-aliran-dana-teroris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar