Kamis, 06 Desember 2018

Jelang Libur Akhir Tahun, Menteri PUPR Cek Kesiapan Tol Trans Jawa



Jakarta - Tol Trans Jawa akan diresmikan di bulan Desember 2018. Sebelum itu, akan dilakukan peninjauan mengenai kesiapan tol tersebut.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan dirinya akan mengecek kesiapan 4 ruas Tol Trans Jawa.

"Keempat ruas tol tersebut yakni Tol Pemalang - Batang (33 Km), Batang - Semarang (75 Km), Salatiga - Solo (33 Km) dan Wilangan - Kertosono (39 Km)," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (5/12/2018).



Pemerintah memiliki target untuk menyelesaikan Tol Trans Jawa dimulai dari Merak (Banten) hingga Surabaya (Jatim). Tol sepanjang 870 km tersebut nantinya akan tersambung dan dapat digunakan pada libur Natal dan Tahun Baru.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun antusias untuk mencoba jalan tol tersebut. Ia akan mencoba menghitung waktu tempuh yang diperlukan dari Jakarta ke Surabaya.

"Saya mau coba naik mobil berapa jam sekarang," kata Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (3/12/2018).

Sejauh ini, menurut Menteri PUPR, progres pembangunan ruas tol Pemalang - Batang, Batang - Semarang, Salatiga - Solo sudah mencapai 99%. Sementara ruas Wilangan - Kertosono sudah mencapai 95 persen.

"Tinggal penyelesaian pekerjaan yang kecil-kecil, seperti median concrete barrier," ujar Basuki.

Sementara Direktur Utama PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani yang hadir dalam kesempatan itu menyampaikan, para pelaku industri jalan tol sejauh ini terus berupaya untuk menyelesaikan proyek yang tengah digarap. Hal ini sejalan dengan keinginan pemerintah dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di tanah air. (zlf/zlf)
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar