Senin, 07 Januari 2019

Kemenperin Optimis Industri Agro Tumbuh 7,1 Persen




Pertumbuhan sektor industri agro diproyeksikan Kementerian Perindustrian tumbuh sebesar 7,1 persen pada tahun 2019. Target ini lebih tinggi dibandingkan proyeksi tahun lalu sekitar 6,93 persen..
Plt. Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan, Salah satu yang mendongkrak kinerja sektor industri agro yakni adanya lonjakan permintaan domestik pada momentum pemilihan umum (pemilu), seperti produk makanan dan minuman.
“Di tahun politik ini, ada beberapa sektor yang bakal meraih peluang besar, di antaranya adalah industri makanan dan minuman,” kata Achmad Sigit dalam keterangan resmi, di Jakarta, Minggu (6/1/2019).
Ia menjelaskan, pada kuartal III-2018, industri agro telah mencatatkan pertumbuhan di angka 7,23 persen secara tahunan. Hal ini membuat pihaknya semakin optimis capaian tahun 2019 mampu menembus 7,1 persen.
Ia menambahkan, industri agro menjadi sektor andalan dalam memacu kinerja industri pengolahan non migas. Sehingga, turut menopang pertumbuhan ekonomi nasional.
“Pertumbuhan tersebut didukung oleh tumbuhnya masing-masing sub sektor, seperti industri makanan dan minuman, industri hasil tembakau, industri pengolahan kayu, bambu dan rotan, industri kertas dan berbahan kertas, serta industri furnitur,” jelas dia.
Pada semester I-2018, industri agro disebut menyumbang hingga 49,11 persen dari total produk domestik bruto (PDB) sektor non migas. Di periode yang sama, ekspor dari industri agro berkontribusi mencapai US$23,26 miliar atau 26,43 persen terhadap total ekspor nasional.
“Artinya, produk-produk agro kita telah mampu berdaya saing global,” ucapnya.
Sedangkan, investasi di industri agro sendiri disebut juga jadi motor penggerak pertumbuhan sektor manufaktur di Indonesia. Pada semester I-2018, penanaman modal dalam negeri (PMDN) di industri agro mencapai Rp24,32 triliun, sedangkan penanaman modal asing (PMA) menembus angka US$1,1 miliar.
Sumber : https://bidikdata.com/kemenperin-optimis-industri-agro-tumbuh-71-persen.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar