Jumat, 01 Februari 2019

Imlek Nasional 2019 “Merajut Kebhinnekaan dan Memperkokoh Persatuan”

Imlek Nasional 2019 “Merajut Kebhinnekaan dan Memperkokoh Persatuan”
Perayaan Imlek Nasional 2019 mengangkat tema ‘Merajut Kebinekaan Memperkokoh Persatuan’. Tema tersebut dipilih sebagai wujud dari tindakan dan komitmen WNI Tionghoa untuk tetap bersatu dalam kebinekaan Indonesia.
Tahun Baru Imlek diperingati sebagai hari libur untuk semua masyarakat Indonesia.
Ketua Panitia Imlek Nasional 2019, Sudhamek, mengatakan sebagai generasi penerus, Suku Indonesia Tionghoa adalah bagian tak terpisahkan dari Bangsa Indonesia.
“Suku Indonesia Tionghoa harus ikut aktif memperjuangkan pembangunan Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani, mandiri secara ekonomi, berbudaya luhur dan berkeadilan di segala bidang,” kata Sudhamek dalam keterangannya, Kamis (31/1/2019).
Sudhamek menuturkan, perayaan Imlek Nasional ini terasa istimewa karena pilihan desain, susunan acara dan pesertanya dirangkai sedemikian rupa sehingga sesuai dengan tema-nya.
Rangkaian acara juga dibuat untuk menjiwai kesatuan dalam kebinekaan Indonesia. Misalnya: alat musik klasik Guzheng digunakan untuk mengiringi lagu-lagu kebangsaan Indonesia.
Sebaliknya Kolintang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu daerah Indonesia maupun lagu Mandarin. Atraksi khas Tionghoa Barongsai juga ditampilkan bersama dengan Reog dan Ondel-ondel.
Aneka kuliner khas Tionghoa dan makanan dari berbagai daerah di Indonesia juga bisa dinikmati di sini. Festival ini terbuka untuk dihadiri oleh masyarakat umum di JIEXPO Kemayoran pada tanggal 7-10 Februari 2019, mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.
Tahun Baru Imlek 2570 atau tahun 2019 Masehi ini diharapkan menjadi lantunan kebaikan dalam spektrum yang lebih luas, sekaligus menjadi harapan warga keturunan Tionghoa di Indonesia untuk turut berkontribusi dalam pembangunan bangsa negara Indonesia.
“Suku Indonesia Tionghoa yang telah bergenerasi hidup di bumi Indonesia menjadikan Indonesia sebagai tanah kelahiran yang akan selalu dicintai dan diperjuangkan bersama,” katanya.
Untuk itu, pihaknya berharap Perayaan Imlek Nasional 2019 ini bisa menjadi momentum penting untuk Suku Indonesia Tionghoa dalam turut membangun Bangsa Indonesia yang besar, makmur, damai dan berkeadilan serta menjunjung tinggi toleransi dengan cara terus merajut kebinekaan dan memperkokoh persatuan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar