Sabtu, 28 September 2019

Kemenko Perekonomian Sebut Kerusuhan Di Papua Tidak Berdampak Besar Terhadap Ekonomi Nasional


JAKARTA – Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan bahwa kerusuhan di Papua tidak berdampak besar terhadap ekonomi nasional, sebab share ekonomi Papua terhadap ekonomi nasional masih relatif kecil.
Dari aspek ekonomi karena share ekonomi papua terhadap ekonomi nasional relatif kecil maka dampaknya tidak besar,” ujar Iskandar melalui pesan singkat di Jakarta, Kamis (26/9/2019).
Sektor yang terganggu dengan adanya aksi demonstrasi berulang tersebut adalah sektor perdagangan. Namun, Pemerintah akan terus mengantisipasi dampak kerusuhan untuk jangka panjang dan berharap kerusuhan di Papua segera berakhir agar perdagangan dapat segera pulih.
Sementara sektor lain seperti pertambangan tidak terpengaruh besar sebab pertambangan lebih terpengaruh sistem operasional penambangannya.
“Pertambangan kan tetap jalan dan tidak terpengaruh. Memang pada triwulan II 2014 mengalami kontraksi akibat pengalihan pertambangan terbuka ke bawah tanah, tapi bukan karena kerusuhan. Dampak kerusuhan lebih berpengaruh terhadap sektor perdagangan di Papua pada triwulan III tahun ini,” jelasnya.
“Di Papua saja ya. Yang terpenting menjaga keamanan seperti telah dilakukan,” tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar