Jumat, 04 Oktober 2019

Situasi Keamanan di Wamena Pasca Kerusuhan Mulai Berangsur Pulih

Pasca kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, situasi dan kondisi keamanan di wilayah itu sudah berangsur pulih.
Diberitakan bahwa seluruh warga perantau yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia termasuk warga Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam keadaan sehat, aman, dan dijamin keselamatannya.
Komandan Komando Resort Militer (Danrem) 162/WB Kolonel Czi, H Ahmad Rizal Ramdhani, memastikan situasi di Wamena, secara umum sudah aman dan terkendali.
Hasil koordinasi kami pada hari Selasa (01/10/2019) malam, Kabupaten Wamena, sudah aman dan terkendali dimana sudah banyak paguyuban-paguyuban masing masing daerah yang membantu di lapangan,” jelasnya di Makorem 162/WB, Jl Lingkar Selatan, Mataram, Rabu (02/10/2019).
Ahmad berharap masyarakat NTB tidak panik dan mempercayakan kepada Pemda Papua serta Pemerintah Pusat dalam menangani situasi yang ada.
Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, T Wismaningsih Drajadiah, mengatakan, sejauh ini, situasi di Papua terbilang sudah lebih kondusif.
“Sementara, warga NTB di Papua juga dalam keadaan aman tanpa ada korban jiwa,” katanya.
Sebelumnya Polda Papua mengklaim situasi di Wamena, Papua sudah berangsur-angsur kondusif usai aksi demo yang berujung kerusuhan pada awal pekan ini. Namun, sedikitnya 1.500 aparat dari gabungan TNI dan Polri masih diterjunkan untuk mengamankan Wamena.
Kepala Bidang Humas, Polda Papua Kombes AM Kamal menyatakan aparat gabungan tersebut bertugas untuk melakukan patroli keliling dan menjaga agar tak ada warga yang memprovokasi hingga berbuntut kericuhan.
“(Aparat gabungan) disiapkan di beberapa titik, terutama objek vital. Patroli untuk antisipasi mobilitas para perusuh,” katanya, saat dikonfirmasi melalui telepon, Sabtu (29/8).
Menurutnya, aktivitas perekonomian masyarakat di Wamena kini telah berjalan normal. Hal ini ditandai dengan aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh masyarakat yang sudah berjalan kembali beberapa hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar