Sabtu, 05 Oktober 2019

Wamena Kondusif Mensos Imbau Warga Tidak Eksodus

Wamena Kondusif Mensos Imbau Warga Tidak Eksodus

Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan kondisi Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, pascakerusuhan beberapa waktu lalu semakin kondusif.
Berdasarkan laporan yang diterimanya dari Wamena kemarin meyebutkan bahwa keamanan disana semakin kondusif, dan sudah tenang.
“Memang masih ada beberapa warga yang masih khawatir, masih merasa takut itu saya kira manusiawi,” kata Agus kepada wartawan di kantornya, Jalan Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2019).
Meski sudah kondusif, dikatakannya masih ada warga yang tetap ingin eksodus dari Wamena. Kendati demikian Mensos berharap warga tetap bertahan di Wamena. Sebab, kondisi Wamena sudah pulih, termasuk aktivitas perekonomiannya.
“Ada beberapa warga sejumlah warga yang memang berupaya untuk keluar dari Papua untuk mengungsi dari Papua. Saya mengimbau bahwa itu sebenernya sudah tidak perlu, karena memang keamanan sudah semakin baik, sudah semakin kondusif,” tegasnya.
“Kalau tidak terlalu urgen, kalau tidak terlalu penting, walaupun sekali lagi rasa takut khawatir itu manusiawi, tapi ya saya kira tidak perlu meninggalkan tanah Papua. Karena tanah Papua memerlukan sumber daya manusia, membutuhkan kegiatan ekonomi pada ujungnya tentu memberikan kesejahteraan warga Papua itu sendiri,” sambungnya.
Di sisi lain agus juga mengatakn agar semua pihak tetap menjaga keamanan di Wamena.
“Mari kita bersama-sama latar belakang apa pun berkomitmen membangun tanah Papua yang memang secara intensif pun sudah dilakukan pemerintah. Imbauan untuk warga Papua menetap saja di Papua. Pemerintah pusat akan selalu mendampingi seluruh warga dan pemerintah pusat memberikan keamanan agar keselamatan,” ujarnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar