Sabtu, 21 Desember 2019

KPK Apresiasi dan Dukung Lima Dewan Pengawas


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyampaikan dukungannya kepada sejumlah tokoh yang dilantik sebagai Dewan Pengawas KPK.

Di halaman Istana Negara Jakarta pada Jumat, (20/12/2019) Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengatakan “Kalau itu kami support 100 persen.”

Menurut Laode, KPK mendukung Syamsuddin Haris, Artidjo Alkostar dan Albertina Ho, Harjono dan Tumpak Hatorangan Panggabean yang merupakan pilhan PresidenJoko Widodo.
Laode menambahkan para tokoh tersebut telah memahami kerja KPK. Menurut Laode, hal yang masih menjadi polemik yakni tugas dari Dewas KPK. Disisi lain dukungan dan apresiasi diberikan karena kelima Dewan Pengawas berintegritas.

Selain itu, Ketua KPK Agus Rahardjo juga menyampaikan dukungannya agar pencegahan dan pemberantasan korupsi lebih efektif.

Publik mengenal Artidjo sebagai salah satu mantan Hakim Mahkamah Agung yang disegani. Ia kerap memberikan vonis berat kepada para terdakwa korupsi.

Sementara Tumpak merupakan seorang mantan jaksa dan sempat menjadi pimpinan KPK periode 2003-2007 sekaligus mantan pelaksana tugas Ketua KPK 2009-2010. 

Adapun Albertina Ho pernah menjabat Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ia menjadi sorotan saat menangani perkara suap pegawai Direktorat Jenderal Pajak Gayus Tambunan. Saat itu dia menghukum Gayus 7 tahun penjara dan denda Rp 300 juta.

Sementara Syamsuddin Haris lebih dikenal sebagai peneliti politik di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Syamsuddin adalah lulusan FISIP Universitas Nasional (S-1) dan FISIP UI (S-2 dan S-3) ini mengajar pada Program Pasca-Sarjana Ilmu Politik pada FISIP Unas.

Sedangkan Harjono adalah mantan hakim Mahkamah Konstitusi periode 2003-2008. Saat ini ia menduduki kursi Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu. Harjono juga merpakan ketua Panitia Seleksi hakim MK pengganti I Gede Palguna perwakilan pemerintah.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar