Rabu, 22 Januari 2020

KPBU untuk Pembangunan Ibukota Baru

JAKARTA– Skema government guarantee tidak digunakan dalam pembangunan ibu kota baru melainkan kerjasama pihak swasta, Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha(KPBU).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan terkait proses pemindahan ibu kota baru di Kutai Kartanegara-Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur, tak akan menggunakan pinjaman dana dari mana pun.
“Yang kita tawarkan, satu tidak pinjaman, yang kedua tidak ada government guarantee. Enggak ada. Jadi semuanya kerja sama,” kata Jokowi saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, belum lama ini.
Jokowi pun mengaku sudah menegaskan hal ini kepada sejumlah pihak yang ingin terlibat dalam pembangunan ibu kota baru seperti Softbank dan Uni Emirat Arab.
Untuk memudahkan terjalinnya kerjasama dengan pihak swasta, Presiden Jokowi pun menunjuk tiga tokoh internasional untuk menjadi dewan pengarah.
Adapun ketiga tokoh itu yakni, Putra Mahkota Abu Dhabi Mohamed bin Zayed, Bos Softbank Masayoshi Son, dan juga mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair. Menurut Jokowi ketiganya disebut akan membantu pemerintah dalam membangun kepercayaan pihak swasta untuk berinvestasi di ibu kota negara baru.
“Karena kita ingin bangun sebuah kepercayaan, sehingga dari kepercayaan yang terbangun akan memudahkan kita untuk nanti melakukan kerja sama,” ujar Jokowi.
Presiden Jokowi sebelumnya memperkirakan anggaran yang harus digelontorkan pemerintah untuk membangun ibu kota baru di Kalimantan Timur tidak akan lebih dari Rp 100 Triliun. Sementara sisanya akan berasal dari pihak swasta. Karena itu, ia meminta jajarannya menghitung detail biaya pembangunan ibu kota.
“Saya berharap ini betul-betul dihitung secara detail pemerintah harus keluar berapa, tapi saya melihat, kalau saya melihat pemerintah tidak akan keluar lebih dari Rp100 triliun,” tegasnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar