Kamis, 09 April 2020

Presiden Jokowi: Ada 9 Juta Keluarga di Luar Jabodetabek Akan Terima BLT


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyebut pihaknya akan memberikan bantuan langsung tunai kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19 di luar Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek).
Sebelumnya, pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu per kepala keluarga tiap bulan. Di mana, BLT tersebut akan berlangsung selama 2-3 bulan.
"Untuk masyarakat di luar Jabodetabek akan diberikan BLT kepada 9 juta Kartu Keluarga (KK), yang tidak menerima bansos PKH maupun sembako sebesar 600 ribu per bulan selama 3 bulan, anggarannya Rp16,2 triliun," ujar Jokowi pada telekonfrensi, Kamis (9/4/2020).
Kemudian, lanjut dia, sebagian Dana Desa juga segera dialokasikan untuk bansos di desa diberikan kepada kurang lebih 10 juta keluarga penerima dengan besaran Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan. "Dengan total anggaran sebesar Rp21 triliun," ungkap dia.
Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa BLT tersebut di luar bantuan-bantuan lainnya. Di mana akan befokus di daerah Jabodetabek.
"Bansos tambahan untuk jabodetabek, baik itu 4,1 juta penerima, di mana 2,5 juta di DKI Jakarta dan 1,6 juta di bogor depok tangerang dan bekasi (Bodetabek) ini untuk diberikan BLT," ujarnya usai ratas bersama presiden Jokowi, Jakarta.
(rzy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar