Rabu, 20 Mei 2020

Presiden Jokowi Luncurkan Produk Inovasi Covid-19, dari Alat Tes PCR hingga Ventilator


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan peluncuran produk riset, teknologi dan inovasi untuk percepatan penanganan Covid-19 buatan anak bangsa. Dari 55 produk, Jokowi sudah melihat 9 produk unggulan.
Kesembilannya yakni polymerase chain reaction (PCR) test kitrapid diagnostic test (RDT), emergency ventilator, imunomodulator herbal asli Indonsia, plasma convalesence, mobile lab BSL-2, sistem artificial intelligence (AI) untuk deteksi Covid-19, medical assistant robot raisa, dan powered air purifying respirator.
"Hari ini kita patut berbangga karena dari tangan anak-anak bangsa, tangan kita sendiri, kita mampu menghasilkan karya yang sangat dibutuhkan," ucap Jokowi saat meresmikan peluncuran produk riset, teknologi dan inovasi untuk percepatan penanganan Covid-19 melalui telekonferensi, Rabu (20/5/2020).
Jokowi mengaku, sudah melihat sendiri sembilan produk unggulan inovasi dalam negeri. Ia menyebut berbagai produk tersebut sudah siap diproduksi secara massal untuk mencukupi kebutuhan domestik.
"Kemarin saya sudah lihat sendiri ada rapid test, waktu saya tanya bisa diproduksi berapa, sudah kira-kira 100 ribu, kalau diproduksi bisa langsung jalan. PCR test kit juga sama," tuturnya.
Atas keberhasilan ini, Jokowi optimis ke depan Indonesia bisa mandiri dan tidak ketergantungan dengan impor untuk mencukupi penanganan kesehatan di dalam negeri.
"Saya sangat optimis bahwa hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan, dan hanya impor, sekarang ini kita bisa mandiri karena kita bisa memproduksinya sendiri," pungkasnya.
(qlh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar