Selasa, 01 Desember 2020

MER-C Akui Tak Punya Lab, Diperiksa di Manakah Spesimen Habib Rizieq?

 


Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) menyebut hasil swab test Habib Rizieq Shihab (HRS) dan keluarganya telah keluar. Pihak MER-C menyebut hasil tes sudah diserahkan ke pihak keluarga.
Sarbini mengakui MER-C tidak punya laboratorium untuk tes COVID-19. Saat ditanyai soal laboratorium pemeriksaan swab Habib Rizieq, Sarbini menyebut labnya rahasia.

"Mer-C tidak punya laboratorium. Itu jelas ya, clear ya. Tidak ada mengatakan bahwa MER-C punya laboratorium, kita tidak punya," kata Sarbini.

Lantas diperiksa di manakah spesimen swab Habib Rizieq? Apakah semua laboratorium PCR terintegrasi dengan Satgas COVID-19?

"Iya, yang sudah menjadi rujukan COVID-19 oleh Kemenkes," kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, saat dihubungi detikcom, Senin (30/11/2020).

Prof Wiku menyebut laboratorium yang ditetapkan oleh Kemenkes seluruhnya sudah terintegrasi dengan Satgas dan menjadi acuan untuk pendataan. Hanya saja Prof Wiku tidak menyebut secara langsung apakah ada lab yang tak termasuk dalam daftar rujukan atau tidak.

"Jika sudah menjadi rujukan pastinya hasil test langsung terintegrasi dengan data di Kemenkes yang juga digunakan untuk analisis di Satgas," pungkasnya.

Sumber: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5275869/mer-c-akui-tak-punya-lab-diperiksa-di-manakah-spesimen-habib-rizieq


Tidak ada komentar:

Posting Komentar