Minggu, 12 Juni 2022

Pemuda Adat Wilayah Saireri II Nabire menyatakan sikap Dukung Penuh DOB Papua

JAYAPURA – Pemuda Adat Wilayah Saireri II Nabire di Kota Jayapura Papua mengeluarkan pernyataan sikap mendukung penuh pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua. Pernyataan sikap tersebut dilangsungkan di Abepura yang diikuti Tribun-Papua.com, pada Jumat pagi (10/6/2022) dan dipimpin langsung oleh Ketua Pemuda Adat Wilayah Saireri II Nabire di Kota Jayapura Papua Ali Kabiay.

Dalam pernyataan sikap tersebut, ada 3 poin utama yang disampaikan pihaknya dengan melihat berbagai dinamika yang terjadi di Tanah Papua. Baca juga: Masih Ingat Lukas Enembe? Dulu Kampanye Pemekaran Wilayah Papua, Kini Justru Menolak: Ada Apa “Terutama dalam urgensinya mengenai percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020, serta persiapan DOB di Provinsi Papua.

Untuk itu pihaknya sangat merasa perlu untuk membuat suatu pernyataan sikap agar dapat menjadi perhatian.
“Poin pertama, kami Pemuda Adat Wilayah Saireri II Nabire mendukung sepenuhnya konsolidasi asosiasi bupati di wilayah adat Tabi dan Saireri, siap menyongsong pembentukan DOB Papua,” sebut Ali membacakan pernyataan resmi. Kedua, mendukung sepenuhnya akselerasi percepatan pembangunan di Papua, melalui implementasi Undang-undang Otsus Nomor 2 Tahun 2021 untuk kesejahteraan masyarakat asli Papua. Ketiga, Pemuda Adat Saireri Wilayah II Nabire mendukung sepenuhnya proses rancangan pembentukan DOB di Tanah Papua, demi terciptanya kesejahteraan bagi Orang Asli Papua (OAP).

Adapun turut mengambil bagian dalam pernyataan sikap dukung DOB di Abepura tersebut, adalah Edmond Karuway, Ayub Yuur, Yuwana Daka, Mathius Swewali, Gidion Piatawa, Bobi Yuur, Friska Sokoi, Jemmy Maay, Andi Raidiban, Otto G Rumere dari masing-masing wilayah perwakilan.(*)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar