Selasa, 17 Januari 2023

Sekjen PKB: Sistem Proporsional Terbuka Opsi Terbaik untuk Pemilu 2024


 istem proporsional terbuka dalam demokrasi Indonesia memang masih memicu pragmatisme politik. Kendati demikian kembali sistem proporsional tertutup hanya akan membawa Indonesia kembali ke masa lalu.

"Sistem proporsional terbuka bagi PKB masih merupakan opsi terbaik untuk diterapkan dalam Pemilu 2024. Memang ada ekses negatif berupa munculnya liberalisme politik yang memicu pragmatisme calon maupun pemilih. Tetapi itu yang harus dicarikan solusi bersama, bukan malah menganti sistemnya," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKB Hasanuddin Wahid, Selasa (17/1/2021).

Hal itu dia katakan saat membuka Diskusi Publik bertajuk Daulat Rakyat vs Daulat Partai di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat. Hadir dalam diskusi tersebut sejumlah narasumber yakni Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun, Anggota Komisi II dari FPKB Yanuar Prihatin, Pengamat Politik Ray Rangkuti, dan Praktisi Pemilu Alwan Ola Riantoby. Diskusi ini diikuti sejumlah kader PKB maupun aktivis pro demokrasi dan pegiat Pemilu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar