Minggu, 13 Januari 2019

IndEX: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 55,6% Sementara Prabowo Hanya 32,3%

 
Jakarta – Lembaga survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research merilis hasil survei tentang elektabilitas pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden dimana elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin sebesar 55,6% tetap mengungguli Prabowo-Sandiaga yang hanya 32,3% .

Di tengah isu politisasi agama, paslon Jokowi-Ma’ruf Amin terbukti tetap mampu mempertahankan keunggulan elektabilitasnya.

“Temuan lembaga survei indEX Research menunjukkan bahwa elektabilitas Jokowi-Ma’ruf tetap jauh mengungguli pasangan Prabowo-Sandi,” kata Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (12/1).

Menurut Vivin, meskipun sudah tidak lagi efektif sebagai strategi politik, namun politisasi agama tidak akan menghilang begitu saja. Dia mengatakan gelombang politik identitas bernuansa agama terus menjadi komoditas oleh elite-elite politik. Setelah memuncak pada Pilkada DKI Jakarta lalu, politisasi agama dipandang masih mewarnai wacana publik jelang pemilu serentak pada April mendatang.

“Perdebatan tentang hubungan agama dan negara sudah setua umur republik, sudah saatnya wacana tersebut dikelola dengan baik setelah dinamika pascareformasi silam,” kata Vivin.

Survei indEX Research dilakukan pada 17-28 Desember 2018, dengan jumlah responden 1.200 orang. Metode survei adalah multistage random sampling dengan margin of error  plus minus 2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar