Minggu, 16 Februari 2020

WHO Apresiasi Indonesia Antisipasi Virus Corona


JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengapresiasi kinerja pemerintah Indonesia dalam mengatasipasi virus novel korona ke dalam negeri.
“Pemerintah Indonesia sudah sangat baik dalam menangani dan melayani mereka yang dievakuasi dari Tiongkok terkait korona, termasuk tim darurat penanggulangan virus korona, BNPB, termasuk Menteri Kesehatan RI,” kata Perwakilan WHO Navaratnasamy Paranietharan saat turut melepas para warga negara Indonesia (WNI) di Natuna, Sabtu (15/2).
Sebanyak 238 warga Indonesia telah menjalani observasi terkait virus korona selama 14 hari di Pulau Natuna, Kepulauan Riau. Mereja didatangkan dari Kot Wuhan, Tiongkok sejak 2 Februari 2020.
“Ini adalah tindakan yang cerdas dan tangkas yaitu menjemput warga dari Kota Wuhan dan kota lainnya di Tiongkok, kemudian mengobservasi mereka selama 14 hari tanpa ada yang sakit. Sekarang kami akan melepas warga tersebut,” lanjutnya.
Menurutnya, penanganan ini sudah melalui proses yang tepat sesuai rekomendasi protokoler WHO. Hal itu tak lain untuk memastikan WNI dalam keadaan sehat sebelum dipulangkan ke rumahnya masing-masing.
Sekarang, setelah melewati observasi panjang selama 2 mingu, ia pastikan para WNI dalam kondisi sempurna dan tak menunjukan gejala terjangkit korona.
“Mereka siap dikembalikan ke lingkungan maasyarakat, dan baik-baik saja untuk beraktivitas di tengah masyarakat. Mereka dalam kondisi yang sempurna, tidak perlu khawatir terhadap mereka,” lanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar