Rabu, 23 Mei 2018

TNI Dilibatkan Untuk Memberantas Terorisme, Mahfud MD: itu Menyangkut Keamanan karena Kriminal Berat


Mantan Ketua MK, Mahfud MD memberikan pandangannya terkait keterlibatan TNI dalam memberantas terorisme.


Diketahui Presiden Jokowi sebelumnya membenarkan bahwa saat ini pemerintah dalam proses mengaktifkan kembali Koopsusgab TNI.

Hal itu diungkapkan dalam pidatonya di acara buka puasa bersama para menteri Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga negara di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/5/2018).
"Pemerintah saat ini di dalam proses membentuk Koopsusgab TNI yang berasal dari Kopassus, Marinir, dan Paskhas," ujar Jokowi.

Presiden menegaskan bahwa pengaktifan kembali Koopsusgab TNI itu demi memberikan rasa aman bagi seluruh rakyat Indonesia dari para pelaku teror.
Meski demikian, Jokowi menegaskan Koopsusgab TNI itu nantinya baru turun tangan dalam situasi kegentingan tertentu.

"Ini dengan catatan, itu dilakukan (Koopsusgab TNI diturunkan) apabila situasi sudah di luar kapasitas Polri. Artinya preventif jauh lebih penting dari represif," ujar Jokowi yang dilansir dari Kompas.com.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko TNI hanya akan turun tangan dalam menangani situasi mendesak yang tak bisa lagi ditangani oleh kepolisian.
Nantinya, menurut Moeldoko, Koopsusgab TNI baru akan bekerja apabila ada permintaan dari Kapolri.

"Kapolri minta, (kami) mainkan,"kata Moeldoko di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/5/2018).
 
Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2018/05/23/tni-dilibatkan-untuk-memberantas-terorisme-mahfud-md-itu-menyangkut-keamanan-karena-kriminal-berat

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar