Sabtu, 21 Juli 2018

Dibangun Sejak Era Habibie Akselerasi Pembangunan Jalan Trans Papua Di Era Jokowi Akan Selesai 2019

Pembangunan daerah tertinggal merupakan salah satu program utama yang telah dituangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam nawa cita. Salah satu yang paling menonjol adalah pembangunan jalan trans Papua yang telah dimulai sejak Era Habibie namun diakselerasikan oleh Presiden Jokowi di masa pemerintahannya.
Proyek infrastruktur jalan Trans Papua untuk mewujudkan Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla membangun dari pinggiran untuk pemerataan dan keadilan pembangunan.
Pemerintah menargetkan jalan Trans Papua dapat tersambung seluruhnya pada tahun 2019 mendatang. Jalan darat yang terbagi di Provinsi Papua dan Papua Barat ini akan menyambungkan Sorong dan Merauke sepanjang 4.329,55 km tanpa putus.
Sampai akhir tahun 2016 lalu, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR mencatat, jalan Trans Papua yang telah tersambung mencapai 3.851,93 km. Dan setahun setelahnya, atau pada akhir 2017 lalu, jalan yang sudah tembus tercatat sudah mencapai 4.158,29 km.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan, jalan Trans Papua sepanjang 4.330 Kilometer (Km) akan tersambung seluruhnya pada 2019. Saat ini, jalan yang belum tembus tersisa sepanjang 171,7 Km.
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, meski tidak seluruhnya beraspal, dihubungkannya jalan di Provinsi Papua Barat dan Papua, terutama di daerah pegunungan Papua akan membuka keterisoliran dan menurunkan harga barang-barang maupun kebutuhan pokok.
“Pembangunan jalan Trans Papua terus dilanjutkan dan ditargetkan 2019 bisa tersambung seluruhnya,” kata Basuki
Sementara itu, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Arie Setiadi Moerwanto mengatakan pembangunan jalan dan jembatan di Papua tidak dilakukan berdasarkan tingkat kelayakan finansial jalan, tetapi dalam konteks menjaga kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Pembangunan jalan Trans Papua akan terus dipercepat. Komitmen ini ditunjukkan dengan telah ditandatanganinya dua kontrak pekerjaan konstruksi dan dua pekerjaan pengawasan senilai Rp 199,48 miliar.
“Seluruh pekerjaan Trans Papua ini merupakan paket multiyears contract 2017-2018,” Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan (BBPJN) XVIII Jayapura, Osman Harianto Marbun menambahkan.
Sumber : https://bidikdata.com/dibangun-sejak-era-habibie-akselerasi-pembangunan-jalan-trans-papua-di-era-jokowi-akan-selesai-2019.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar