Sabtu, 14 Juli 2018

Menpora Minta Ketua MUI Doakan Asian Games dan Asian Para Games 2018 Sukses


Jakarta - Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. Menpora Imam Nahrawi meminta ketua MUI, KH. Ma'ruf Amin, mendoakan kesuksesannya.

Menpora mengunjungi kantor MUI di Jalan Proklamasi No.51 Menteng, Jakarta Pusat, Jumat sore (8/6/2018). Dia meminta MUI mengeluarkan edaran kepada ulama-ulama agar mendoakan kesuksesan dua pesta olahraga negara-negara Asia di Indonesia.

Asian Games 2018 akan berlangsung di Jakarta-Palembang pada Agustus mendatang. Sementara Asian Para Games 2018 akan digelar pada Oktober mendatang.

"Saya ingin MUI membantu kami membuat surat edaran kepada ulama-ulama di Indonesia untuk ikut menyisipkan doa bagi kesuksesan Indonesia di Asian Games dan Asian Para Games 2018, pada saat Khotbah Idul Fitri, Shalat Jumat, dan ceramah-ceramah keagamaan yang dilakukan tidak hanya jelang Asian Games 2018 tapi juga Asian Para Games 2018 (Pesta Olahraga Bagi Penyandang Disabilitas se-Asia)," kata Menpora saat bertemu KH.Ma'ruf Amin.

"Doa dan dukungan ini kita harapkan bisa membuat kedua event ini berlangsung sukses, terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan, serta memungkinkan kontingen Indonesia berprestasi tinggi dan bermanfaat bagi seluruh bangsa Indonesia," Menpora menambahkan.

KH Maruf Amin menyambut baik keinginan Menpora itu. Dia juga mengungkapkan harapannya pada dua ajang multievent di Indonesia mendatang.

"Kami sangat setuju dengan ide ini, dan akan segera membuat surat edarannya," ucap Kyai Ma'ruf.

"Saya ingin event ini bisa menjadi alat pemersatu segala perbedaan diantara kita dan menjadi pemersatu bangsa-bangsa di Asia," ucapnya lagi.

Dalam permohonan resminya, Menpora mengatakan, saat ini telah memasuki masa-masa akhir dari sisi penyelenggaraan maupun persiapan prestasi atlet, untuk itu dukungan dari semua pihak diperlukan untuk kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah.


"Tentu setelah ikhtiar kita telah lakukan, venue kita bangun, infrastruktur kita perbaiki, pelatnas atlet kita kawal, try out dan uji coba kita lakukan untuk peningkatan kemampuan atlet, maka saatnya kita berserah diri kepada Allah, sambil terus berdoa, dan doa dari para ulama sudah barang tentu akan menguatkan semua ikhtiar yang telah kita lakukan itu" tambah Menpora lagi.

Ia mengatakan permohonan doa dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia yang diserukan melalui para pemuka agama, akan dilakukannya melalui seluruh lembaga yang menaungi para pemuka agama seperti Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Perwakilan Umat Budha Indonesia (WALUBI) dan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), serta lembaga keagamaan lain di Indonesia.

Terdapat 4 sukses yang dicanangkan oleh pemerintah, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi dan sukses pemberdayaan ekonomi.

Dari sisi prestasi, pemerintah sendiri telah mencanangkan target untuk masuk dalam urutan 10 besar dan menjadikan Asian Games dan Asian Para Games 2018 sebagai momentum kebangkitan kembali kejayaan Indonesia di dunia olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar