Sabtu, 29 September 2018

Indonesia Sangat Menyesalkan Upaya Vanuatu Untuk Mendukung Atau Bahkan Yang Terburuk Menjadi Bagian Dari Gerakan Separatis Di Papua



NEW YORK – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menegaskan bahwa Indonesia tidak akan tinggal diam apabila negara kepulauan Vanuatu mengusik kedaulatan teritori Indonesia. Hal tersebut disampaikan Wapres Kalla dalam sesi debat umum Sidang Majelis Umum Ke-73 PBB di Markas Besar PBB New York, Kamis (28/9/2018) waktu setempat.

“Sudah terlalu lama Indonesia memilih untuk membangun hubungan persahabatan dengan Vanuatu, termasuk dalam menunjukkan solidaritas dan simpati selama masa-masa sulit,” katanya.
Menurut Jusuf Kalla, untuk menciptakan masyarakat yang damai, berkelanjutan, dan berkeadilan, semua negara harus menghormati hukum dan prinsip-prinsip internasional PBB, termasuk menghormati kedaulatan dan integritas teritorial.

Indonesia sangat menyesalkan upaya Vanuatu untuk mendukung atau bahkan yang terburuk menjadi bagian dari gerakan separatis di Papua. Vanuatu sering kali menyampaikan isu-isu yang tidak benar mengenai pelanggaran HAM.

Hal tersebut menunjukkan tindakan permusuhan yang tidak memiliki tempat di sistem PBB dan melanggar prinsip-prinsip PBB. Indonesia tidak akan membiarkan negara mana pun merusak integritas teritorial NKRI. (RA/MCF) 

http://kabardwipa.co/indonesia-sangat-menyesalkan-upaya-vanuatu-untuk-mendukung-atau-bahkan-yang-terburuk-menjadi-bagian-dari-gerakan-separatis-di-papua/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar