Senin, 15 Oktober 2018

Hore! Bali akan Punya Jalur Kereta Api


Denpasar - Gubernur Bali Wayan Koster membuat gebrakan baru di sektor transportasi publik di Bali. Dia mengatakan Bali bakal segera mewujudkan kereta api berbasis tenaga listrik. Namun rencana jalur belum dibeberkan.

"Kemudian juga kereta api untuk transportasi Bali, saya sudah ditelepon Dirut PT Kereta Api Indonesia, itu akan mengembangkan kereta api sebagai salah satu moda transportasi," kata Koster di kantornya, Jl Basuki Rahmat, Denpasar, Bali, Senin (15/10/2018).

Koster mengatakan desain kereta api itu bakal dibuat spesial. Dia optimistis desain kereta di Bali bakal berbeda dengan gerbong-gerbong kereta api lainnya yang ada di Pulau Jawa.

"Saya setuju karena itu BUMN, tapi kereta api khusus tidak seperti kereta Bandung-Jakarta, Jakarta-Bandung, dan sebagainya, akan tidak menarik. Nanti lihatlah gerbong yang bagus interior maupun eksteriornya, baik untuk publik maupun wisatawan," tuturnya.

Tak hanya itu, dia menyebut kereta tersebut harus berbahan bakar listrik. Koster mengatakan pihaknya telah menyiapkan rancangannya dan siap melakukan prestasi ke pemerintah. 

"Yang akan kita kembangkan kereta api listrik ini sudah siap. Saya akan membutuhkan waktu untuk presentasi, tapi saya masih sibuk, belum sempat. PT Kereta Api Indonesia sudah sangat semangat," terangnya.

"Master plan infrastruktur akan saya tunjukkan, bandara di Ngurah Rai dan Bali Utara beres, kereta api, short cut Singaraja, kemudian saya pertimbangkan (jalur) Denpasar-Gilimanuk apakah bypass atau tol," ucap Koster. 
(ams/asp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar