Senin, 19 November 2018

Akuisisi Saham Holcim, PT Semen Indonesia Jadi Perusahaan Semen Terbesar di Asia Tenggara


JAKARTA – PT Semen Indonesia telah mengakuisisi 80,6 persen saham PT Holcim Indonesia. Maka, perusahaan BUMN itu telah menjadi perusahaan semen terbesar di Asia Tenggara. Total kapasitas PT Semen Indonesia menjadi 53 juta ton semen. Rinciannya adalah PT Semen Indonesia: 38,2 juta ton dan Holcim: 14,8 juta ton.

Bersama dengan hal ini, PT Semen Indonesia akan semakin kuat di bidang rantai suplai, produksi, serta pemasaran di Indonesi dan Asia Tenggara. Peluang untuk diversifikasi ke hilir juga semakin kuat dengan pengembangan bisnis beton ready-mix.

Sekadar informasi, aset yang turut dijual adalah aset Holcim Indonesia yang dijual oleh perusahan induknya termasuk 4 pabrik semen, 33 pabrik ready-mix, dan 2 galian agregrat. Total transaksi mencapai USD 917 juta atau Rp 13,63 triliun (USD 1 = Rp 14.865).

Uang tersebut berasal dari pinjaman sejumlah bank, yaitu Bank BNP Paribas, Deutsche Bank AG, Maybank Kim Eng Securities, MUFG Bank Ltd, dan Standard Charatered Bank.

Pembelian dari PT Semen Indonesia jauh lebih menarik bagi induk PT Holcim Indonesia Tbk, yaitu LafargeHolcim. Menurut MarketWatch, tawaran Indonesia mengalahkan tawaran dari Taiheiyo Cement dari Jepang, dan HeidelbergCement dari Jerman.

LafargeHolcim memang tengah berusaha melakukan divestasi. Perusahaan Swiss tersebut berusaha melakukannya demi keuangan yang lebih sehat serta mengurangi rasio utang.

Volume eksport PT Semen Indonesia ke Australia, Asia Selatan, dan negara Asia lainnya juga akan ditingkatkan. Tahun ini saja, ekspor Semen Indonesia sudah mencapai 3,1 juta ton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar