Senin, 03 Desember 2018

Kualitas Ekonomi Indonesia Membaik

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memprediksi angka inflasi nasional akhir tahun bisa dipertahankan di bawah 3,5%.
Tahun ini pemerintah memprediksi angka inflasi berada di kisaran 3,2%. Angka ini sudah disesuaikan dengan pertimbangan pertumbuhan ekonomi 2019.
Darmin menyebut, hal tersebut mencerminkan kualitas ekonomi Indonesia yang mulai membaik.
“Kalau angka tahun lalu masih di sekitar 3,5%, siang ini angka November akan diumumkan BPS inflasi kita bisa di sekitar 3%, bisa kurang bisa sedikit.
Saya cenderung katakan kurang sedikit,” ungkap Darmin dalam acara CEO Networking di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (3/12/2018).
Menurut Darmin, rendahnya angka inflasi ini karena pertumbuhan ekonomi dan stabilitas terjaga. Seperti data sosial ekonomi, tingkat pengangguran, gini ratio dan pendekatan terhadap distribusi indeks pembangunan manusia secara konsisten membaik.
“Kita tidak berlebihan kalau bilang kualitas ekonomi kita membaik,” ujarnya.
Saat ini lanjut Darmin, pemerintah memiliki pendekatan yang berbeda untuk perbaikan ekonomi. Seperti perbaikan di sektor infrastruktur, sumber daya manusia, infrastruktur hingga masalah pertanahan.
Dia menilai, hal-hal tersebut bisa mendorong transformasi ekonomi yang baik. Selain itu, pemerintah juga akan melakukan pelatihan vokasi besar-besaran untuk memperbaiki SDM.
Menurutnya, jika hal itu sudah dijalankan, maka dalam beberapa tahun kemudian Indonesia bisa keluar dari jebakan pendapatan menengah.
Di sisi lain, faktor global juga turut mempengaruhi ekonomi nasional. Seperti mulai redanya ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.
Ini memberikan sentimen positif ke Indonesia, hal itu tercermin dari nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang menguat.
Dengan meredanya perang dagang, menurut dia. Indonesia diharapkan bisa menjalankan perekonomian dengan lebih baik.
“Rupiah sebenarnya mulai menguat akhir Oktober lalu, kalau dibandingkan dengan negara lain, baik di ASEAN atau lainnya rupiah penguatannya tercepat,” jelas Darmin.
Sumber : https://bidikdata.com/kualitas-ekonomi-indonesia-membaik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar