Sabtu, 05 Januari 2019

Skema Pembangunan Jalan Tol Tanpa Utang Telah Terlebih Dahulu Diterapkan Oleh Pemerintah


Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengatakan bakal membangun proyek jalan tol tanpa utang tidak membebani APBN yakni menggunakan pola kemitraan dengan badan usaha atau swasta. Pernyataannya itu terkait proyek Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

“Tidak membebani utang negara, tidak menambah utang pemerintah, tidak memakai APBN,” kata Sandi di Kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (3/1/2019).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna menerangkan, bahwa pola kemitraan dengan badan usaha atau swasta dalam membangun jalan tol tersebut sudah dijalankan oleh pemerintah Jokowi-JK.

Herry menjelaskan, jalan tol yang dibangun pemerintah saat ini ialah menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Konsep ini sama dengan skema pembangunan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang disebut Sandiaga tanpa berutang.

“Iya yang kita lakukan bangun tol ini kan tanpa bebani APBN ini semua. Jadi konsep yang sama dengan Cipali. Jadi cipali bukan satu-satunya jalan tol yang dibangun tanpa bebani APBN,” kata Herry seperti dilansir dari detikFinance, Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Herry mengatakan, saat ini pemerintah memiliki sekitar 48 Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang sedang berjalan. Semua itu lanjut dia menggunakan konsep KPBU yang tanpa membebani APBN.

“Kita ada 48 PPJT yg sekarang lagi berjalan ya semuanya seperti itu. Ada 48 yang udah beroperasi ada beberapa itu semuanya demikian,” jelasnya.

“Bayarnya pakai apa? pakai pendapatan tol, jadi bukan APBN. Bukan utang kan artinya, pemerintah nggak ngutang artinya,” imbuhnya.

Skema KPBU lanjut Herry beragam macamnya. Ada yang skema build-operate-transfer (BOT) murni. Artinya, Pemerintah menggandeng pihak ketiga yaitu BUJT sebagai investor yang akan membangun, kemudian mengoperasikan selama masa waktu tertentu, sebelum kemudian dilakukan pengalihan ke pemerintah.

Dengan demikian, Sandiaga Uno sebenarnya tidak memiliki program yang jelas dan hanya janji kosong saat kampanye. Janji pembangunan tol tanpa utang yaitu melalui pola kemitraan dengan badan usaha dan swasta adalah bentuk pencaplokan program pemerintahan era Jokowi. Terkesan Sandiaga sangat berambisi ingin terlihat lebih hebat dari Presiden Jokowi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar