Sabtu, 24 Agustus 2019

Juara Favorit Dipilih Netizen, Inilah 10 Pemenang Festival Gapura Cinta Negeri Kategori Umum




Mereka terpilih dari terpilih dari 1.793 partisipan telah berpartisipasi mengikuti acara ini dengan rincian 1.456 partisipan pada kategori umum dan 337 partisipan pada kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi.Sekjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo selaku Ketua Panitia Festival Gapura Cinta Negeri, di kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (23/8), mengumumkan 10 pemenang Festival Gapura Cinta Negeri kategori umum yang diselenggarakan mulai tanggal 17 Juli sampai 17 Agustus 2019 lalu.



Berdasarkan keputusan Dewan Juri Festival Gapura Cinta Negeri Tahun 2019 yang ditetapkan dengan SK Panitia Nomor 020/FGCN/VIII/2018 tentang Penetapan Pemenang Festival Gapura CInta Negeri, kesepuluh pemenang kategori umum itu adalah:
  1. Sriyanta dari Kabupaten Boyolali;
  2. Eko Siswanto dari Kota Semarang;
  3. Nurrohman dari Kabupaten Rembang;
  4. Roni Sintiu dari Kota Batu;
  5. Otniel Kayani dari Kabupaten Kepulauan Yapen;
  6. Dede Rahmat dari Kabupaten Bandung Barat;
  7. Arief Rahman dari Kota Banjarmasin;
  8. Ramsyah, ST dari Kabupaten Kutai Kartanegara;
  9. Mahgodie Idris dari Kota Palembang; dan
  10. Riyadi dari Kabupaten Magelang.

Selain 10 pemenang kategori umum, Dewan Juri Festival Gapura Cinta Negeri Tahun 2019 juga menetapkan Festival Gapura Cinta Negeri dalam kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi, yaitu:
Varash Saddan Nusantara dari Kota Denpasar;
SMA Kristen Barana dari Kabupaten Toraja Utara; dan
Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno dari DKI Jakarta.

Hadi Prabowo menjelaskan, setelah ini foto gapura seluruh finalis akan diumumkan di media sosial Gapura Cinta Negeri untuk mendapatkan juara favorit yang akan dipilih oleh netizen. Kriteria yang digunakan dalam menentukan finalis-finalis tersebut adalah estetika dan nilai seni, kreativitas produksi, gotong royong, dan relevansi pada tema.

“Jadi, yang dari sepuluh ini akan dipublish dan masyarakat silakan memilih untuk pilihan yang favorit. Netizen juga ikut berpartisipasi memberikan penilaian untuk sepuluh pemenang kategori umum untuk ditetapkan sebagai pemenang favorit pilihan netizen,” kata Hadi.

Adapun untuk pemenang terbaik yang berhak mendapatkan piala bergilir, menurut Ketua Panitia Festival Gapura Cinta Negeri itu, nantinya akan ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo. Ia juga menyebutkan, pemenang lomba akan diundang ke Istana Negara untuk bertemu Presiden.

Para pemenang dipilih oleh dewan juri yang terdiri dari Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo; Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf; Koordinator Staf Khusus Presiden, Teten Masduki; Conductor/Music Director Twilite Orchestr, Addie MS; Seniman Tari/Koreografer Eko Supriyanto; Founder OMG Consulting dan Co-Founder INSPIGO Yoris Sebastian; Content Creator & Founder Hello Motion Academy Wahyu Aditya; Ketua Umum Indonesia Creative Cities Network Fiki Satari dan Kurator Seni Rupa & Ketua Program Pascasarjana Seni Rupa FSRD (ITB) A. Rikrik Kusmara.

Mengenai hadiah untuk para pemenang, menurut Hadi Prabowo, disediakan 15 piala dan uang total Rp 1 Miliar, dengan rincian:

Pertama, 10 Piala dan Piagam untuk 10 Pemenang Gapura Kategori Umum dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang;

Kedua, 1 Piala Presiden Bergilir dan Piagam untuk Gapura Terbaik Kategori Masyarakat Umum dan hadiah uang senilai Rp 250 juta per pemenang;

Ketiga, 3 Piala dan Piagam untuk 3 Pemenang Gapura Kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang;

Keempat, 1 Piala dan Piagam untuk Gapura Favorit dan hadiah uang senilai Rp 100 juta. (Puspen Kemendagri/ES)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar