Jumat, 04 Oktober 2019

Tokoh Papua Sepakat Pancasila Perekat Persatuan

Tokoh Papua Ramses Ohee mengajak semua pihak bersedia menjaga Pancasila yang menjadi perekat persatuan dan pandangan hidup bangsa.
Menurut Ramses, Pancasila telah mempersatukan Indonesia. Oleh sebab itu, seluruh rakyat Indonesia harus menyadari bahwa Indonesia disegani karena Pancasila.
“Kepada seluruh masyarakat Indonesia, hari ini Indonesia ditakuti dan disegani dunia karena Pancasila. Karena itu mari kita jaga Pancasila,” kata Ramses di sela-sela acara Silaturahmi dan Dialog Kebangsaan Lintas Tokoh Agama dan Adat bertajuk Jaga Bhineka Tunggal Ika, Siap Bela Negara, Indonesia Rumah Kita, di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Rabu (2/10).
Ia bahkan menyebut Papua ibarat seorang wanita cantik yang telah berkontribusi bagi Indonesia dan dunia.
Ia pun menyadari bahwa peristiwa yang terjadi di Papua belakangan ini timbul lantaran di sana belum terwujud keadilan melalui Pancasila.
“Tapi hari ini tidak ada kesejahteraan. Maka saya mewakili rakyat Papua, bila Pancasila utuh maka Indonesia utuh. Saya minta seluruh pejabat, menteri yang akan dilantik maka tegakkan lah keadilan di Papua, maka Papua bagian dari NKRI harga mati,” tegasnya.
Hal sama juga disampaikan Staf Khusus Presiden untuk Papua Lenis Kogoya. Lenis mengajak seluruh rakyat di negeri ini untuk bicara tentang sila ketiga dan sila kelima Pancasila.
Menurut dia, jika Papua luka maka Indonesia juga luka. Artinya, tidak boleh ada perbedaan warna kulit dan agama dalam menjaga keutuhan rumah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
“Sekarang kita lawan kemiskinan bukan lawan fisik. Mari kita lihat rumah Indonesia ini. Saya berharap ada menteri adat supaya bisa mengurus orang-orang adat,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar