Senin, 09 Desember 2019

Ajakan Mendag Berbelanja Produk Dalam Negeri untuk Perkuat Ekonomi Rakyat



Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengajak seluruh masyarakat khususnya pegawai Kementerian Perdagangan berbelanja produk-produk buatan Indonesia melalui Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri.
Menurut Mendag, konsumsi masyarakat terhadap produk dalam negeri dapat memberikan efek domino bagi penguatan pasar dalam negeri, meningkatkan lapangan kerja bagi masyarakat, dan menjamin pendapatan pekerja lokal.
“Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia berbelanja produk-produk dalam negeri,” kata Mendag saat membuka acara Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri, di Thamrin City, Jakarta, Sabtu (7/12/2019).
Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri merupakan program strategis perdagangan dalam negeri Kemendag yang terus digencarkan, baik secara luring maupun daring. Kali ini acara tersebut digelar Kemendag bekerja sama dengan PT Jakarta Realty selaku pengelola Thamrin City.
Thamrin City merupakan pusat belanja yang konsisten dan menjual produk-produk UMKM Nusantara. Thamrin City juga dikenal sebagai salah satu destinasi pusat perbelanjaan produk UMKM dari segala penjuru Indonesia.
Ada sekitar 1.000 pedagang berjualan di sana. Produk-produk dagangannya seperti batik, tenun, fesyen, busana muslim, dan lain sebagainya. Mendag Agus juga menyampaikan produk Indonesia mampu bersaing dengan produk luar.
“Produk buatan Indonesia memiliki karakter tersendiri. Selain memiliki kualitas yang baik, produk Indonesia unik dan harganya terjangkau. Tingginya minat berbelanja produk lokal juga dapat meningkatkan citra dan daya saing produk Indonesia di pasar dalam negeri di tengah keterbukaan pasar global,” ujarnya.
Beberapa keunggulan tersebut antara lain memiliki material berkualitas dan pengerjaan yang baik, desain yang unik dan beragam, serta harga yang cenderung lebih terjangkau. Produk UMKM juga memiliki konsep kearifan lokal dari berbagai daerah.
Agus menjelaskan ajakan berbelanja produk-produk dalam negeri ini bertujuan agar masyarakat dapat turut andil memperkuat ekonomi bangsa.
“Beli satu tumbuh seribu. Begitulah kira-kira ungkapan yang pas untuk mewakili Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri,” kata dia.
Artinya, tambah dia, dengan membeli produk dalam negeri, kita semua telah ikut andil menyelamatkan ekonomi bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar