Senin, 30 Desember 2019

Musim Liburan, Penumpang di Pelabuhan Kayangan Mulai Meningkat


Selong (Suara NTB) – Penyeberangan jalur laut Pelabuhan Kayangan Lombok Timur (Lotim) menuju Pelabuhan Pototano, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) saat ini mulai meningkat. Hal itu dikarenakan momentum Natal 2019 dan pergantian Tahun Baru 2020. Pasalnya, momentum ini akan berdampak pada peningkatkan penyeberangan dari arah Pelabuhan Kayangan, Lotim menuju Pelabuhan Pototano, KSB diperkirakan sebesar lima persen.

Dikonfirmasi Suara NTB, Kamis,  25 Desember 2019, General Manager (GM), PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Kayangan, Lotim, M. Yasin, menyebutkan jika lonjakan penumpang  mulai terjadi sejak hari Minggu, 22 Desember 2019 lalu dikarenakan bertepatan dengan awal dimulai waktu liburan, baik di tingkat satuan pendidikan maupun perguruan tinggi.

Di samping itu, pihaknya juga tidak melakukan penambahan kapal sebagaimana yang sering dilakukan pada momentum Idul Fitri. Di mana jumlah armada kapal yang disiapkan dalam momentum Nataru ini sebanyak 20 kapal. Hanya saja jumlah kapal yang dioperasikan sebanyak 8 kapal secara bergantian baik dari arah Pelabuhan Kayangan maupun Pototano. “Penyeberangan masih stabil dan aman. Kita hanya operasikan 8 kapal dari 20 kapal yang siap,” sebutnya.

Untuk kapal-kapal yang disiapkan maupun dioperasikan ini rata-rata sudah dilakukan uji petik untuk memastikan kelayakan kapal dan keselamatan penumpang. Terutama sekali pemeriksaan komponen kemudi di ruang kapal. Apabila ada beberapa komponen yang kurang, maka kapal tersebut tidak diizinkan untuk berlayar. Adapun untuk puncak arus balik diperkirakan pada tanggal 2 Januari 2020.

Pihak dari ASDP Kayangan juga sudah mendirikan posko di kompeks Pelabuhan Kayangan. Posko ini terdiri dari tim gabungan baik dari tim medis, kepolisian, TNI, dan pihak terkait lainnya. Apabila ada masyarakat yang merasa kelelahan, sakit ataupun persoalan lainnya supaya dilaporkan ke petugas di posko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar