Selasa, 24 Desember 2019

Pastikan Keamanan Natal, Tim Jibom Sisir 12 Gereja di Bandung


BANDUNG - Tim Jibom Brimob Polda Jabar melakukan sterilisasi gereja-gereja yang ada di Kota Bandung, salah satunya gereja Katedral yang berada di Jalan Jawa, Kota Bandung, Selasa (24/12/2019). Upaya ini dilakukan untuk memastikan keamanan saat Natal 2019.
Personel Jibom melakukan penyisiran di luar gereja, yang dilanjutkan ke dalam gereja. Mereka kemudian menyisir setiap sudut-sudut gereja menggunakan metal detector dan mirror detector.
Setelah penyisiran dilakukan, tim dari Pengamanan Objek Vital (PAM Obvit) memasang Secdoor di pintu-pintu gereja. Penyisiran sendiri langsung dipimpin AKBP Widodo sebagai Kabag Ops Polrestabes Bandung.
"Ini bentuk dari pemenuhan SOP sebagaimana yang harus dilaksanakan oleh kepolisian untuk memberikan rasa aman, rasa nyaman kepada para jamaah sehingga lokasi ini bisa digunakan untuk pelaksanaan Natal," kata Widodo usai penyisiran.
Widodo mengatakan, penyisiran dilakukan di 12 gereja prioritas atau yang jumlah jamaahnya banyak di Kota Bandung. Selain telah dilakukan penyisiran, pihak kepolisian juga akan menempatkan personel pengamanan.
"Pola pengamanan kita lakukan terbuka dan tertutup, serta ada tiga ring pengamanan, mulai dari area dalam ring satu, area di sekitar luar ring dua, dan lalu lintas ring tiga. Untuk jumlah personel yang disiap kan tiap gereja berbeda," ucapnya.
Personel yang berjaga di setiap gereja nantinya akan melakukan pemeriksaan terhadap setiap masyarakat yang datang. Pengamanan juga akan melibatkan pihak gereja.
(qlh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar