Minggu, 01 Desember 2019

Video Rizieq Pulang Dipastikan Hoax

Beredar video singkat yang dinarasikan Habib RIzieq Syihab sudah pulang ke Indonesia. Imigrasi mengatakan sejauh ini belum ada data perlintasan Rizieq masuk ke Tanah Air.
Dilihat detikcom, video tersebut berdurasi 1 menit 9 detik. Rizieq tampak memakai sorban putih dan gamis putih.
Habib Rizieq terlihat keluar dari bangunan seperti bandara. Dia disambut jemaah dengan selawat dan takbir.
Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Ronny F Sompie mengatakan belum ada data perlintasan Rizieq masuk ke Indonesia. Namun, pihaknya masih akan mengecek.
“Sudah dicek di Bandara Soekarno-Hatta, Juanda dan Batam, belum ada perlintasan. Yang lainnya masih kita cek kembali,” kata Ronny terpisah.
Tagar #BriziekTebarHoax pun akhirnya trending di media sosial Twitter yang menarasikan pencekalan Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab dan kehadiran Habib Rizieq Syihab di Indonesia adalah hoax.
Juru Bicara Rizieq Shihab, Abdul Chair kepada liputan6 sudah mengirim klarifikasi bahwa video itu adalah rekaman lama ketika Rizieq masih di Indonesia dan tiba di Surabaya untuk sebuah acara. Namun dirinya tidak mengatakan secara detil waktunya.
“Video itu di Surabaya (kalau tidak salah). Sudah lama,” ujar Abdul Chair di Jakarta, Sabtu (30/11/2019).
Menurut dia, mengenai kepulangan Rizieq, pihaknya juga sedang mengusahakan. Dan dia memastikan yang bersangkutan sampai detik ini masih berada di Makkah, Arab Saudi.
Seperti ditelusuri RRI, video amatir itu memang sudah lama. Sehingga, jika dikatakan pula itu benar, sepertinya bakal ada laporan dari bandar udara mengenai pengerahan massa penyambutan. Logikanya memang seperti itu. Dan video itu adalah kedatangan Rizieq di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, untuk menghadiri acara FPI di Jawa Timur. Rizieq tiba di sana pada Selasa, 11 April 2017 silam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar