Minggu, 16 Februari 2020

Survei Indo Barometer: 70,1% Publik Puas dengan Kinerja Jokowi


JAKARTA - Lembaga survei Indo Barometer mengumumkam hasil penelitian terbarunya terkait kinerja 100 hari Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wakil Preside Ma'ruf Amin.
Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari menjelaskan, sebesar 49,6 responden puas terhadap kinerja Ma'ruf. Sedangkan sebanyak, 37,5 persen menyatakan tidak puas dan 12,9 persen tidak tahu.
Sementara, tingkat kepuasan terhadap Presiden Jokowi sebanyak 70,1 persen menyatakan puas terhadap kinerja mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Lalu, publik yang tidak puas mencapai 27,4 persen dan 2,6 persen menyatakan tidak menjawab.
Menurut dia, perbedaan keduanya yang berbeda jauh itu merupakan hal yang wajar. Sebab, selama ini peran Ma'ruf kurang menonjol sejak dia dilantik menjadi orang nomor dua di Indonesia.
"Pasti memang jomplang antara presiden dan wakil presiden dan biasanya wakil memang lebih rendah, tapi biasanya nggak jauh, tapi ini jauh ya," kata Qodari di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (16/2/2020).
Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada 9-15 Januari 2020 pada 34 Provinsi. Total responden survei ini sebanyak 1.200 dengan margin of error kurang lebih sebesar 2,83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.
Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden dengan menggunakan kuisioner.
(aky)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar