Rabu, 24 Juni 2020

MotoGP 2021 Mandalika Bisa Serap 7.500 Tenaga Kerja


JAKARTA - Indonesia akan menggelar event olahraga balap motor bergengsi pada 2021. Rencananya, olahraga balap motor seperti MotoGP akan diselenggarakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer mengatakan, adanya event moto GP di Mandalika ini bakal berdampak besar bagi perekonomian daerah dan nasional. Salah satunya adalah dalam hal penyerapan tenaga kerja.
Menurut Abdulbar demi menyelenggarakan event olahraga balap motor motoGP pihaknya membutuhkan hingga 7.500 tenaga kerja. Adapun rinciannya adalah 5.000 personil tenaga kerja non permanen dan sekitar 2.500 tenaga kerja supporting permanent.
"Ada 5.000 personel tenaga kerja nonpermanen dan 2.500 tenaga kerja supporting," ujarnya dalam rapat dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR-RI, Rabu (24/6/2020).
Menurut Abdulbar, KEK Mandalika ini akan difokuskan untuk event-event automotif. Ada beberapa event olahraga automotif berskala internasional juga akan diselenggarakan di KEK Mandalika tersebut.
Oleh karena itu lanjut Abdulbar, pihaknya memerlukan suntikan modal dari pemerintah sebesar Rp500 miliar, sehingga proyek KEK Mandalika termasuk sirkuit MotoGP bisa rampung tepat waktu meskipun ada covid-19.
"Olahraga yang kita usung adalah MotoGP dan yang lainnya olahraga yang berhubungan dengan automotif," ucapnya.
(dni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar