Minggu, 02 Agustus 2020

Sepekan, investasi manufaktur naik wisata Bali buka kembali


Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pemberitaan sektor perekonomian menjadi perhatian pembaca dalam sepekan, mulai dari investasi manufaktur naik 23,9 persen hingga wisata Bali dibuka kembali. Simak selengkapnya.

Di tengah pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia investasi sektor manufaktur naik 23,9 persen pada semester I/2020 menjadi Rp129,6 triliun dibandingkan periode yang sama pada 2019 yang hanya Rp104,6 triliun

“Pemerintah bertekad untuk terus mewujudkan iklim berusaha yang kondusif melalui kebijakan strategis, yang bisa menjadi daya tarik bagi para investor asing maupun domestik supaya mereka semakin percaya diri menanamkan modalnya di Indonesia,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita saat menghadiri seminar web bertajuk Mir-Year Economic Outlook 2020 di Jakarta, Selasa.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutip lembaga keuangan global mengatakan bahwa pemulihan ekonomi Indonesia pasca-pandemi COVID-19 diproyeksikan tercepat setelah China.

"Indonesia juga diproyeksikan masuk ke kelompok dengan pemulihan ekonomi tercepat setelah Tiongkok. Kalau proyeksi ini benar, saya kira patut kita syukuri," kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengingatkan agar pekerja serta pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali mempersiapkan diri dan terus menjalankan protokol kesehatan menyusul rencana pembukaan kembali sektor pariwisata Bali mulai 31 Juli 2020.

Wishnutama Kusubandio dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, mengatakan saat ini Indonesia telah mulai memasuki masa adaptasi kebiasaan baru termasuk untuk kegiatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali yang akan mulai beroperasi kembali secara bertahap.

Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Fary Djemy Francis sebagai Komisaris Utama baru PT Asabri (Persero) menggantikan Didit Herdiawan.

"Keputusan Menteri BUMN menetapkan dengan mengangkat Fary Djemy Francis sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris lndependen Perusahaan dan memberhentikan dengan hormat Komisaris Utama sebelumnya Didit Herdiawan," ujar Corporate Secretary Asabri Mairizal Chaidir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengapresiasi masyarakat dan Pemerintah Provinsi Bali yang telah menyatakan diri siap menyambut kunjungan wisatawan kembali.

“Kini, Bali telah siap mengimplementasikan protokol kesehatan pada tatanan era baru. Karena itu, saya sangat berbahagia karena besok pariwisata Bali siap menyambut wisatawan nusantara kembali. Kami juga mengapresiasi langkah Bank Indonesia dalam penerapan digitalisasi di kawasan destinasi wisata berbasis QRIS,” ujar Wishnutama, Jumat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar