Selasa, 30 April 2024

Apindo Optimistis Perekonomian Indonesia Stabil Saat Peralihan Pemerintahan



Pengusaha optimistis ekonomi Indonesia akan tetap stabil saat masa pergantian kepemimpinan. Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia yang sedang menghadapi bonus demografi, hal ini dapat menjadi peluang agar roda perekonomian Indonesia terus bergerak.


Hal tersebut disampaikan oleh Analis Kebijakan Ekonomi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Ajib Hamdani, yang mengatakan situasi ekonomi Indonesia yang terjaga, ditambah dengan situasi Indonesia yang damai setelah penetapan hasil Pilpres 2024. Hal ini disebut juga menjadi sebuah peluang untuk Indonesia.


"Harapan kita adalah setelah kemudian KPU mengumumkan hasil Pilpres dan perpindahannya sudah selesai maka perpindahan kekuasaan dari Presiden Jokowi ke Pak Prabowo bisa berlangsung dengan halus sehingga tidak ada gejolak," ucap Ajib kepada Beritasatu.com di Bursa Efek Indonesia Jakarta, Senin (30/4/2024).


Apindo sebagai asosiasi yang menaungi para pengusaha, Apindo memandang prospek Indonesia masih cerah saat peralihan kepemimpinan nantinya. Hal tersebut didorong oleh permintaan domestik Indonesia yang tinggi. Diketahui pada kuartal pertama 2024 pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di angka 5.17%, didukung oleh kinerja yang kuat dari sektor konsumen dan manufaktur.


"Dunia usaha di Indonesia memiliki optimisme bahwa Indonesia punya fondasi ekonomi yang cukup bagus. Kita dengan jumlah penduduk 280 juta orang dan nomor empat terbesar di dunia. Artinya Indonesia punya sebuah local domestic demand. Indonesia punya pasar yang cukup luas, ruang untuk pertumbuhan ekonomi sangat tinggi. PDB Indonesia itu lebih dari 60% secara signifikan ditopang oleh konsumsi. Artinya ruang private sector masih sangat bisa berkembang," tambah Ajib.


"Berbicara masalah stabilitas politik dan stabilitas sosial ini berkaitan dengan risiko investasi. Semakin kecil risikonya, semakin tinggi potensi investasi yang masuk. Artinya ketika risikonya bisa bagus, stabilitas bagus dan kepastian yang bagus, maka ini bisa menjadi insentif bagi usaha," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar