Jumat, 31 Agustus 2018

Pemerintah Memastikan Masyarakat Indonesia Tumbuh Sehat Terbebas Dari Stunting Atau Tumbuh Kerdil

Jakarta – Fokus pembangunan pemerintah tidak hanya dari sisi infrastruktur. Sebagai negara dengan jumlah penduduk hampir 260 juta jiwa, Presiden Joko Widodo juga fokus untuk meningkatkan SDM Indonesia.

Pemerintah memastikan masyarakat Indonesia tumbuh sehat terbebas dari stunting atau tumbuh kerdil. Pemerintah telah menetapkan 100 kabupaten 22 sebagai lokasi prioritas penanganan stunting secara terintegrasi antar Kementerian dan Lembaga.

Pemerintah berupaya agar masyarakat dapat mengenyam pendidikan, sehingga tidak ada anak-anak yang putus sekolah dengan alasan biaya yang tidak terjangkau. Komitmen ini diwujudkan melalui pembagian Kartu Indonesia Pintar. Tercatat, pada tahun 2017 KIP sudah memiliki lebih dari 20 juta peserta didik, serta perluasan penyaluran program beasiswa Bidik Misi bagi mahasiswa.

Saat ini Pemerintah fokus untuk peningkatan kualitas pendidikan dasar dan menengah yang merata di seluruh Indonesia. Jumlah Guru Garis Depan dari tahun 2016 sampai tahun 2017 sudah bertambah sebanyak 7.094 guru. Peningkatan kompetensi berkelanjutan juga sudah dilakukan dengan lebih dari 1 juta guru. Realisasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) turut meningkat setiap tahunnya, yang terakhir di tahun 2017.

Kualitas kehidupan manusia Indonesia dalam empat tahun terakhir terus membaik. Indeks Pembangunan Manusia meningkat dari 68,90 di tahun 2014 menjadi 70,81 di tahun 2017. Dengan hasil itu, Indonesia sudah masuk ke kategori High Human Development.


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar