Minggu, 02 Juni 2019

Pancasila Adalah Rumah Bagi Seluruh Komponen Bangsa


Presiden Joko Widodo mengatakan Pancasila adalah rumah bersama bagi seluruh komponen bangsa.
Untuk itu Presiden mengingatkan agar masyarakat indonesia selalu bersyukur

atas anugerah Pancasila sebagai ideologi bangsa. Menurutnya, Pancasila adalah pemandu bangsa dalam bermasyarakat, bernegara, dan menjadi benteng persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pancasila menjadi rumah bersama bagi seluruh komponen bangsa,” kata Jokowi saat memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Kemenlu, Jakarta, Sabtu (1/6/2019).

Sebagai rumah yang besar, Jokowi menyebut bahwa Indonesia telah berhasil menghadapi berbagai situasi yang sulit. Jokowi menyebut 74 tahun perjalanan RI, telah membuat bangsa Indonesia bangsa yang dewasa dan matang.

Bahkan sejarah telah mencatat betapa kokohnya Indonesia dengan ideologi Pancasilanya.
” 74 tahun yang penuh dinamika, naik dan turun, tetapi kita bisa mengelolanya, mampu mengelolanya dan semakin memperkokoh persatuan kita,” ujarnya.

Karena itu Jokowi menegaskan, setiap tantangan yang mengganggu persatuan bangsa dan mengganggu Pancasila, harus menambah kedewasaan kita.

Pancasila, lanjut Presiden juga merupakan pemandu dalam nilai-nilai luhur yang menjadi ideologi bangsa. Yakni yang berketuhanan, yang berkeadilan sosial, yang berpersatuan, yang berkerakyatan, hingga berkeadilan sosial.

“kita paham, bahwa perjuangan untuk menjunjung tinggi nilai-nilai tersebut tidaklah mudah. Tantangan internasional semakin berat, keterbukaan dan persaingan yang semakin tinggi, perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi juga menjadi tantangan berat, karena semakin memberi ruang kepada berita bohong. bahkan ujaran dan fitnah,” katanya.
Oleh sebab itu Jokowi meminta seluruh anak bangsa untuk terus optimis dan tetap berada dijalur yang benar.

“Marilah peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni ini kita manfaatkan untuk meneguhkan komitmen kita untuk mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila, untuk saling toleran, hidup rukun, gotong royong serta melawan faham-faham anti-Pancasila, dan bahaya terorisme serta separatisme yang bisa mengancam persatuan bangsa kita. selamat hari lahir Pancasila. Kita Indonesia, kita Pancasila,” ujarnya.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar