Sabtu, 11 Januari 2020

Cari Solusi, Tujuh Fraksi DPRD DKI Akan Bentuk Pansus Banjir


JAKARTA — Tujuh fraksi di DPRD DKI Jakarta sepakat untuk mengajukan pembentukan panita khusus (Pansus) soal banjir Jakarta. Hal tersebut diungkapkan oleh anggota dari Fraksi NasDem Ahmad Lukman Jupiter.
Fraksi yang disebut Jupiter menyetujui pembentukan pansus tersebut katanya, NasDem, Golkar, PDI Perjuangan, PSI, PAN, PKB dan Demokrat.
“Dalam rapat lintas fraksi kita memutuskan untuk mewujudkan pansus banjir. Ini diperlukan sebetulnya untuk membela dan menyelamatkan rakyat Jakarta,” kata Jupiter, Jumat (10/1).
Jupiter menekankan pansus ini bukan untuk menyerang pribadi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pansus dibentuk untuk membenahi Jakarta supaya masalah banjir bisa segera diatasi.
“Jadi sebenarnya pansus ini kita gulirkan bukan untuk menyerang pribadi dan bukan untuk mengganggu kepemimpinan gubernur DKI Jakarta,” ujar dia.
“Namun justru lebih kami tekankan kami mencari solusi terkait data informasi kemudian investigasi terhadap pemerintah dalam penanganan banjir,” lanjut Jupiter.
Lebih lanjut Jupiter mengkritisi bahwa kinerja Anies terhadap penanganan banjir perlu dikritisi karena anggaran penanganan banjir dirasa minim yakni sekitar Rp600 miliar. Angka ini menurut Jupiter tidak mencerminkan keseriusan eksekutif untuk menangani banjir.
“Akibatnya dampak kejadian itu berulang terjadi selalu persoalan Jakarta banjir. Sementara musim hujan selalu ada,” ungkap dia.
Rencananya pekan depan perwakilan setiap fraksi akan kembali berkumpul untuk memutuskan pansus ini. Pansus nantinya akan dibentuk oleh Badan Musyawarah (Bamus). “Kalau tidak ada perubahan pekan depan kita akan ada pertemuan lagi,” tutup dia. *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar