Minggu, 05 Juni 2022

Rencana Jepang Bangun Pengembangan Teknologi Pangan di PPU, Dukung Pemindahan IKN


Pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) menarik banyak investor, termasuk investor Asing.

Jepang tertarik mengembangkan teknologinya di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), imbas dari perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kecamatan Sepaku.

Hal tersebut setelah pertemuan JITA Association Japan dengan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati PPU Hamdam Kamis (26/5/2022).



Pengembangan Teknologi yang ingin dikembangkan Negeri Sakura itu, terutama dibidang ketahanan pangan.

"Kami sangat terbuka akan konsentrasi sektor ketahanan pangan. Potensi daerah yang kita miliki tentu memberikan peluang untuk berinvestasi di sektor tersebut. Ketika IKN pindah maka akan membutuhkan pangan yang cukup besar," ungkap Hamdam.



Sementara itu, Ketua JITA Association Japan Fujiki menyampaikan, teknologi yang dibutuhkan PPU saat ini terutama dalam komoditas padi, bambu, serta udang.

“JITA ingin menjadi bagian yang membuat IKN ini menjadi yang paling maju di seluruh dunia," harap Fujiki.

Untuk teknologi ketahanan pangan tersebut, dikatakan Fujiki berdasarkan hasil penelitian butuh proses selama lima tahun untuk pengembanhannya.

"Ketika tidak ada hambatan dalam proses aturan-aturan bisa lebih cepat pelaksanannya.
Yang dibutuhkan masyarakat terkait kebutuhan utama manusia yaitu sandang pangan dan papan tentunya sehingga JITA ingin bekerjasama dalam bidang tersebut," sambung Fujiki.


Selama ini diketahui berbagai teknologi telah dikembangkan asosiasi tersebut, seperti penanaman padi dengan hasil produksi yang berlimpah dalam sekali panen.

Dengan kondisi iklim tropis yang ada di Indonesia maka panen padi bisa minimum enam atau sampai delapan kali dalam setahun.

“Penajam Paser Utara adalah pilihan yang tepat untuk bekerja sama di bidang ketahanan pangan berupa padi, bambu dan juga udang serta merangkul badan usaha perorangan dan lainnya," pungkasnya.



Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Rencana Jepang Bangun Pengembangan Teknologi Pangan di PPU, Dukung Pemindahan IKN, https://kaltim.tribunnews.com/2022/05/28/rencana-jepang-bangun-pengembangan-teknologi-pangan-di-ppu-dukung-pemindahan-ikn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar