Sabtu, 04 Juni 2022

Survei: 75% Masyarakat Puas Terhadap Kinerja Jokowi Menangani Covid-19

 


Jakarta: Hasil Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan 76,7 persen warga merasa puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) menangani covid-19. Sementara yang menilai kurang atau tidak puas sekitar 20,9 persen, dan yang tidak menjawab 2,4 persen.

Survei sentimen positif atas kinerja pemerintah pusat menangani covid-19 dilakukan pada 10-12 Mei 2022. Angka survei tersebut mengalami kenaikan dibanding hasil survei sebelumnya dalam setahun terakhir yang rata-rata di bawah 70 persen.

"Kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi ini tampak berhubungan dengan penyelenggaraan mudik yang dinilai positif oleh warga pada umumnya," tulis kesimpulan survei tersebut, dikutip Kamis, 19 Mei 2022.

Baca: Mix And Match Vaksin Tak Menimbulkan Masalah

Survei tersebut juga menemukan mayoritas dari warga yang mudik (79 persen) merasa keamanan
perjalanan selama mudik tahun ini baik atau sangat baik. Sedangkan masyarakat yang merasa sedang 16 persen, dan yang merasa buruk atau sangat buruk 4 persen.

Selanjutnya, sekitar 51 persen dari pemudik menilai perjalanan mudik tahun ini macet atau sangat macet. Sedangkan yang menilai lancar atau sangat lancar 48 persen.

"Namun demikian, warga pada umumnya merasa sangat atau cukup puas dengan kerja pemerintah dalam penyelenggaraan mudik tahun ini (76 persen). Yang merasa kurang/tidak puas sama sekali ada 9 persen, dan yang tidak tahu/tidak jawab 15 persen," papar survei tersebut.

Adapun survei ini dilakukan via telepon dengan target populasi survei warga negara Indonesia berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). Sebanyak 1.245 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screeningMargin of error survei diperkirakan ±2.9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen asumsi simple random sampling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar