Jumat, 15 Maret 2024

Menko Polhukam: Situasi Nasional Setelah Pemungutan Suara Pemilu 2024 Kondusif

 


Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto mengatakan, situasi dan kondisi nasional setelah pemungutan suara Pemilu 2024 kondusif dan aman terkendali. Hadi mengatakan, saat ini proses Pemilu 2024 terus berjalan dan pemerintah akan terus memantau tahapan-tahapannya. 


Hal tersebut Hadi sampaikan setelah menggelar rapat tertutup bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Mendagri Tito Karnavian, Kepala BIN Budi Gunawan, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin di kantor Menko Polhukam, Jakarta, Jumat (15/3/2024). 


"Sesuai dengan informasi dari hasil pembahasan rapat koordinasi, secara umum situasi dan kondisi nasional masih relatif kondusif dan aman terkendali. Saat ini tahapan Pemilu 2024 masih berjalan dan kita terus memantau tahapan pemilu, yakni rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil perhitungan suara pemilu oleh KPU," ujar Hadi. 


Hadi menyampaikan, semua pihak harus mengamankan proses demokrasi secara bersama-sama. Selain itu, Hadi mengajak agar ikut menjaga stabilitas politik, hukum, dan keamanan agar tetap kondusif. "Dan terwujud harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang semakin kokoh dan kuat," ucap doa. Hadi mengatakan, pemerintah terus memantau perkembangan situasi dan memastikan setiap tahapan pemilu berjalan aman, damai, dan berkualitas. Sebab, kata dia, keberhasilan penyelenggaraan pemilu merupakan keberhasilan semua pihak. 


Hadi menyebut, pemilu merupakan harga diri bangsa Indonesia. "Untuk itu kami akan terus melaksanakan koordinasi erat bersama kementerian/lembaga terkait untuk mendapatkan informasi dan perkembangan terkini terkait situasi nasional. Serta kita terus merumuskan langkah-langkah guna antisipasi potensi permasalahan dan kerawanan yang mungkin terjadi," kata Hadi. "Saya ingin ucapkan banyak terima kasih atas peran serta seluruh masyarakat Indonesia dalam menjaga kondusivitas situasi saat ini. Semoga situasi aman terkendali, damai, adem, ini bisa terus terjaga," ucap dia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar